Lanjut ke konten

Inilah Minerva R150VX, Peluru Baru MMI

25 April 2010

foto:dok pt mmi

PT Minerva Motor Indonesia (MMI) tak henti menghentak pasar sepeda motor domestik. Sebagai pemain baru, MMI harus lihai mensiasati pasar yang dikangkangi para raksasa.

Ketika tahun 2008 menggandeng Sachs Fahrzeug –und Motorentechnik Germany untuk mendongkrak merek Minerva, pasar diberi alternatif di luar sepeda motor prinsipal Jepang yang memang sudah merangsek pasar Tanah Air sejak sekitar 38 tahun lalu.

Tahun lalu, MMI menggandeng Megelli UK untuk mendesain sepeda motor besutan produsen yang memiliki perakitan di Jonggol, Bogor, Jawa Barat itu. Lahirlah Megelli 250 cc untuk melengkapi peluru andalan sebelumnya yakni Minerva R150 dan Minerva Sachs Madass 125.

Kini, membuka 2010, MMI bakal menggelontorkan Minerva R150VX, varian motor sport bermesin 150 cc. ”Minerva R150VX , merupakan completely new model dibandingkan R150, jadi bukan hanya face lift, tetapi berubah total,” tutur Presiden Direktur PT MMI Kristianto Goenadi, Sabtu (24/4/2010).

Minvera R150VX yang bakal diluncurkan Selasa (27/4/2010) itu, jelas dia, didesain oleh tim dari Megelli UK selama hampir satu tahun sebelum diluncurkan.

Tipe megelli 250 cc (foto:stephen)

Peluru baru ini bakal menopang target penjualan MMI yang pada 2010 ditargetkan mencapai 66 ribu unit. Segmen 150 cc bakal menyumpang sekitar 60% dari total penjualan tersebut, sedangkan segmen 250 cc, yakni Megelli 250 ditargetkan berkontribusi sekitar 30%. “Untuk Minerva Sachs R150 VX yang akan langsung dipasarkan setelah launching (ready stock) , target sampai akhir tahun adalah 30.000 unit,” tutur Kristanto.

General Manager Marketing PT MMI Eddy Susanto menambahkan, Minerva R150VX memiliki beberapa keunggulan di antaranya telah menggunakan lampu headlight projection, oil cooling system, balancer shaft engine, LED winker, dan sporty muffler. “Harganya berkisar Rp 16 jutaan,” tutur Eddy.

Spesifikasi

Kristanto menjelaskan, fairing depan Minerva R150VX lebih sporty dibandingkan varian sebelumnya. Sementara itu, fairing belakang terlihat rear fender jauh sangat sporty.
Tanki juga jadi sporty, lebih besar seperti fuel tank motor sport racing dengan cc besar (moge).

Menurut dia, dengan tangki yang membesar pada bagian atas akan memberi ruang untuk kaki kita ‘masuk’ menempel pada rangka. ”Saat terjadi kecelakaan (jatuh) bodi tangki akan sedikit memberi pertahanan agar bukan cuma kaki kita yang menahan berat motor pada aspal, seperti fungsi frame slider,” tutur Kristanto.

Kelebihan lain, jelasnya, headlight, lampu depan menggunakan versi projector, tipe ini bisa jauh lebih terang daripada tipe sebelumnya. Lalu, lampu belakang muffler.

Tipe Minerva R150. (foto;dok mrc)

Sporty design dengan finishing sunblasting terlihat dan menggunakan cover,” tambahnya.

Sementara itu yang tetap dipertahankan seperti seri sebelumnya adalah speedometer digital, double diskbrake depan dan belakang, upsidedown shockabsorber (front), dan monoshocks (rear).

”Untuk mesin, Sachs Germany yang mendesain khusus untuk R-150VX , 150 cc dengan 13.5 HP, lebih bertenaga,” kata Kristanto.

Kehadiran Minerva R150VX seakan mendahului agen tunggal pemegang merek (ATPM) lain seperti PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang berniat meluncurkan motor sport Byson 153 cc, PT Astra Honda Motor (AHM) yang bakal mengeluarkan motor sport 150 cc, dan PT TVS Motor Company Indonesia yang bakal meluncurkan motor sport TVS Apache 180 cc.

Segmen motor sport di Indonesia hanya berkontribusi sekitar 7% dari total pasar domestik yang mencapai sekitar 5,8 juta unit pada 2009. meski demikian, segmen ini tergolong stabil bahkan cenderung meningkat walau tipis. Hal itu lebih baik dibandingkan segmen motor bebek yang terus melorot, digusur oleh tipe skutik. (edo rusyanto)

48 Komentar leave one →
  1. Kurnia_Pro permalink
    25 April 2010 12:38

    Pertamax plus plus…. Minerva knp g bwt DOHC 180 CC?Kn keren tu!

  2. 25 April 2010 13:00

    wuiih… undertailnya keren….
    udah ada partnya blom ya… hehehehehe…..

  3. tomi permalink
    25 April 2010 13:18

    tinggal tunggu ,,, jangan2 tar malah masalah mlu kea megelli,,

    btw eyangh,,, d tunggu repiewny minerva yg ini ya 😀

  4. elsabarto permalink
    25 April 2010 15:48

    dr segi design dah keren, dr segi pricing & teknologi mesin semoga bisa bersaing dg. Pulsar 135 LS

  5. SkyrideR permalink
    25 April 2010 16:46

    bagus.. gw mau beli 4 thn lg..

  6. kelana permalink
    25 April 2010 17:57

    keren motornya, sepertinya produk minerva semakin hari semakin berkualitas…salut 😀

  7. Supra XX permalink
    25 April 2010 18:01

    @atasku
    hwahahahaha
    wis jual wae motormu ke kilaubiru paaak_

    btw
    ni motor sedap dipandang juga ya_

  8. bebek tengil permalink
    25 April 2010 18:21

    Bagus..

    Apa aja deh asal bukan bikin bebek.

    BASI..!!!

  9. 25 April 2010 22:13

    imho, dpanx masih mirip r200/cbr125, trus buntutx mirip fireblade model baru, tp emg gimana jg keren sih, hhe
    powerx 13,5hp y?
    Lmyn lah, buat jalanan kota..

    • AD! permalink
      10 Desember 2011 13:28

      Betul depan mirip cbr125 & belakang mirip Fireblade… klu di satukan BENTUK BARU… sekali lagi BENTUK / DESIGN BARU yg terispirasi dari kedua motor tsb… dan pastinya sdh tdk 99% lagi mirip… 🙂

  10. beranda permalink
    25 April 2010 22:23

    mayan tapi tetep nunggu p 220

  11. Guruh permalink
    25 April 2010 23:49

    di undang ga nih MRC pas acara launching-nya? apa mau di jadiin doorprize pas acara HUT MRC 2 nanti…??? *ngarep mode on

  12. ahardo permalink
    25 April 2010 23:57

    Bentuknya Keren… mudah2an partnya pnp dengan R150 yang lama.. heheh, dan jangan sampai banyak masalah

  13. 26 April 2010 08:03

    pak Edo,
    mohon ijin pinjem gambarnya..
    saya bikin link kemari..

  14. Tulus Budi permalink
    26 April 2010 08:15

    150cc Power 13.5 dk ……

    Megapro 160cc -> 13.5 dk , Pulsar135 135cc Power 13.5 dk juga …….

  15. 26 April 2010 08:17

    wah tenaganya sama ama bajaj pulsar 135 LS

  16. Evan permalink
    26 April 2010 08:35

    Keren sih tapi kok kaya hasil sotoshop ya…
    Hmmm… ditunggu penampakan aslinya.

    Fairing masih mirip dengan R200
    Antara fairing dengan fender depan masih terlihat banyak area kosong sehingga tampilan motor kurang terlihat compact. Batang upside down masih terlhat panjang dan kurang menyatu dengan body.
    Bagian jok pengendara ok, sudah model datar.

  17. bagoes cahyadi permalink
    26 April 2010 08:54

    Yakin deh keren and kalau begini terus….. and sesuai hukum alam 10-20 th kedepan Minerva No.1 di Indonesia…..

  18. penerjemah a.k.a arif rakhman permalink
    26 April 2010 08:56

    tenaga sama dengan bajaj 135 LS, 13.5, tapi beda model. yang satu sarungan, satunya lagi telanjang. mudah2an gak saling makan. karena sebagai sesama ATPM penantang dua ATPM mapan di negeri ini harus saling “bahu-membahu” meruntuhkan dominasi keduanya…

  19. Tauvixion permalink
    26 April 2010 09:22

    barusan coba buka web minerva koQ ga bisa ya, tulisannya sbb:

    “Akun Nonaktif. Maaf, situs ini statusnya nonaktif karena salah satu sebab berikut:
    * Pelanggaran/keamanan
    * Billing/administrasi
    * Atas permintaan pemilik situs
    * Sebab lainnya
    Harap agar pemilik situs menghubungi bagian billing/support segera. Terima kasih.”

    btw- nice share Mas Edo 🙂

  20. 26 April 2010 09:24

    Seep nih modelnya. Tapi pasti harganya seepp hehe

  21. 26 April 2010 10:07

    harganya berapa mas…..

  22. areeff permalink
    26 April 2010 10:27

    r150 vx memang sangat mengagumkan, tapi perbedaan spek detailnya dengan gen7 terakhir mau tahu juga neh.. tapi koq shock depannya gitu lagi ya.. malah mirip gen 5/6..

    spidonya digital ga ya?
    model cdinya gmana neh?
    compresinya gmana?
    max torque?

    http://areeff.wordpress.com/2010/02/18/menunggangi-minerva-r150se-gen7-2010/

  23. anden bagus permalink
    26 April 2010 14:26

    Siip lah jempol untuk Minerva………langsung beli deh klo udh launching………..yang penting penampilan OK…..dan getaran berkurang jadi tidak ……singsireumeun ………

  24. Damar Dwiyadi Pratama permalink
    26 April 2010 18:22

    Keren.. Jadi pengen.. Ganti motor honda legenda gua! Haha.. Guys, visit my weblog at http://artikelmenarik.wordpress.com ya! Di klik!

  25. dhimazz permalink
    26 April 2010 21:45

    Jgn2 kayak kakanya megelli 250R yg klaim pabrikan sebesar 20 Hp ternyata riilnya cuma 12 HP.
    Top speed katanya yg 250cc aja cuma 105 kmph, yg ini gmn ya?

  26. tomi permalink
    28 April 2010 11:37

    eyaang,,
    hasil tes ride ane,,, kurang sip buat manuver cepat,,, tenagany bawah kurang seeep

  27. malmsteen permalink
    28 April 2010 22:23

    Ane udah terlanjur milih mimin R200, beda cuma di buritan doang, spion juga udah ane taro di fairing, tenaga…. tetep mimin ane lebih tinggi…., getaran…. dikit, oper gigi…. enteng pake per kopling smash….., tarikan….enteng pake gir RX KING 42 T n karbu pake NSR. hayo.. enak mana..

  28. boystok permalink
    29 April 2010 13:52

    maennntepz deh buat minerva…..tp btw sparepartx sm gak am GL pro?krn mimin yg Gen7 it ekuivalen am GL..?

  29. 19 Mei 2010 23:08

    Nice post….thanks

  30. 7 Agustus 2010 03:37

    ah desainnya msih niru2….bvkin kya yg migeli dong!!!orisinil punya

  31. 10 September 2010 18:24

    Bulan lalu baru liat tampangnya udah kecantol, harganyapun tidak membunuh…

    Tapi kira2 high quality ga ya, sparapartnya kira2 gampang ga ya…

    Nunggu review lebih lanjut deh…

  32. Bastian permalink
    4 Juni 2011 07:47

    body belakang minerva R150VX warna merah dan hitam kok beda ya?
    body yang warna merah lebih kecil dari pada yang warna hitam..
    knp bisa begitu ya?padahal sama2 R150VX…
    sbnre ane lebih suka warna merah..tp krn lebih kecil jadi pilih yang warna hitam..krn klo dilihat dari belakang lebih keren…

    please koment ya??

  33. hasbi permalink
    25 Juni 2011 11:31

    wah jadi kepengen beli minerva ,,, kira2 minerva itu harganya berapa ya kalau boleh tau ????

    • Willy permalink
      4 Agustus 2011 21:53

      OTR 16,5 jt
      DP 3 jt ..

      😀

  34. papaecha permalink
    8 Juli 2011 12:31

    Om Eddy,R 150 VX emang dahsyat, saya sudah memutuskan untuk memilikinya, tapi satu hal, bagian belakang nungging amat ya Om, kalo di modif, atau direndahkan ada impactnya gak Om terhadap… apapunlah, garansi, kenyamanan, keamanan, juga mau ganti klakson kayaknya.
    BTW…… Mantap R 150 VX.
    Mohon nasehat>>>

  35. geraltofrivia permalink
    14 Juli 2011 23:12

    repost model lagi kah?

  36. intan permalink
    31 Juli 2011 03:17

    mww mottor nyyy . kapan y ada yg mw ngsih ,,

    hehhe

  37. 14 Oktober 2011 15:29

    Suku cadangnya g susah kan???
    ..
    Harga secondnya gmn? jatuh gak?
    Aku pngen beli sich, tpi nunggu kndaraanku laku dlu,,
    hee

  38. 20 Februari 2012 21:00

    tertarik banget nih…..
    btw bgmn dengan layanan purnajual nya? ketersediaan sparepart n bengkel resmi u daerah sumsel? trims bro…

  39. Rabin permalink
    29 Desember 2012 08:19

    Kalau harga Full Fairing Minerva R 150vx berapa yah?

  40. aris wibowo permalink
    22 Januari 2013 09:48

    bisakah monosoch new mega pro direndahkan

Trackbacks

  1. 2010 in review « Edo Rusyanto's Traffic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: