Lanjut ke konten

Dimana Peran ATPM Motor?

12 April 2010

SUATU hari Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Miki Yamamoto
berujar, “Mustahil berjualan sepeda motor tanpa safety riding.”

Sementara itu, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti bertutur, “Kami concern soal safety riding agar citra sepeda motor tidak tergelincir sebagai alat transportasi yang tidak aman.”

Miki dan Beti adalah pucuk pimpinan perusahaan yang menguasai bisnis sepeda motor di Tanah Air. Pangsa pasarnya, pada 2009, masing-masing 46% (AHM) dan 45,5% (YMKI). Saat itu, total volume penjualan sepeda motor domestik sekitar 5,7 juta unit. Berapa omzet mereka? Jika memakai asumsi harga per unit Rp 10 juta, silakan hitung sendiri.

AHM dan YMKI sudah 30 tahun lebih merambah pasar Indonesia. Buah yang mereka petik beberapa tahun belakangan ini, merupakan hasil kerja keras. Mulai dari membuat produk yang sesuai selera konsumen, membangun citra merek yang kokoh, dan membentuk jaringan layanan purna jual yang solid hampir di seantero Nusantara. Selain itu, memperkokoh jaringan lembaga pembiayaan multifinance, layanan jasa servis yang
mumpuni, dan responsif atas animo konsumen.

Keselamatan Bersepedamotor

Salah satu animo konsumen sepeda motor yang marak disuarakan belakangan ini adalah soal keselamatan bersepedamotor atau yang populer disebut safety riding.

AHM dikenal sebagai pelopor, ketika di awal 2000-an memperkenalkan safety riding. Meski di negeri asal prinsipal, Jepang, hal yang satu ini sudah kondang pada 1900-an. Tak masalah. Selama implementasinya berbuah kesadaran konsumen agar lebih memprioritaskan keselamatan di jalan, ketimbang gaya-gayaan saat di jalan.

Perusahaan berlambang sayap tunggal itu tergolong gencar dalam penyebarluasan safety riding. Mulai dari kampanye ke sekolah, kampus, hingga ke kalangan komunitas pengguna sepeda motor. Pada 2009, seorang sumber menyebutkan, untuk keseriusan soal safety riding, AHM merogoh kocek sekitar  miliaran rupiah.
Bahkan, AHM sedang berancar-ancar membangun sekolah khusus mengenai safety riding.

Seakan tak mau kalah, YMKI juga gencar mendukung program safety riding. Termasuk menggandeng klub atau komunitas para pengguna sepeda motor Yamaha.

Dibandingkan keduanya, ATPM Suzuki dan Kawasaki tergolong tak gencar. Terlebih ATPM non-Jepang. Perlukah ATPM didorong untuk terus berkesinambungan mengkampanyekan safety riding? (edo rusyanto)

12 Komentar leave one →
  1. Tomi permalink
    12 April 2010 20:16

    kalo saya perhatikan yang paling gencar promosi safety riding memang honda,,
    kalo yamaha belom terlihat sama sekali tindakan jelasnya

  2. Dani Ramadian permalink
    12 April 2010 20:41

    Kata bos Beti :
    “Kami concern soal safety riding agar citra sepeda motor
    tidak tergelincir sebagai alat transportasi yang tidak aman.”
    ………….
    Lho…
    Tumben²an pak Beti ngomong gini.
    Agak beda dengan “penyampaian” advertising Yamaha
    selama ini…

  3. alrozi permalink
    12 April 2010 21:59

    yang lain, jadul ah… 😀

    skutiknya tolong dikasih fitur lebiiih dongkz… 😛

  4. 12 April 2010 22:50

    baru “katanya” om.. hanya sebatas wacana saja

  5. au_ah permalink
    13 April 2010 02:33

    Yg aneh dari kampanye safety riding yamaha dgn menghadiran miss universe yg mengendarai mio. safety ridingnya dmn ya? org gak nyinggung safety riding sama sekali. cuma foto2 miss univerve dgn mio doank.
    Ini sih lebih ke iklan produk ketimbang iklan safety riding!

  6. 13 April 2010 08:24

    Menurut ane ATPM motor WAJIB memberikan helm standar kpd para konsumennya.

  7. andryberlianto permalink
    13 April 2010 09:23

    jadi mau ketawa … Yamaha ikutan gencar kampanye Safety Riding ???
    sok peduli ga ada aksi …

  8. 13 April 2010 09:47

    Safety Riding ataw Safety Kidding neh … !?

  9. engeldvh permalink
    13 April 2010 15:39

    Safety Riding bisa nggak berbarengan dengan motor kencang????
    oiya, silakan berkunjung bos….dapet sotosop gratis loh, hehehe:
    http://engeldvh.wordpress.com/2010/04/13/hot-download-adobe-photoshop-cs5/

  10. 14 April 2010 11:26

    Bro numpang lapaknya ya,ada nice info ne 😉 Situs portal kendaraan terbesar di Indonesia. Mobil dijual, Mobil disewa, Motor Dijual, Motor Disewa, Mobil Baru, Mobil Bekas, Motor Baru, Motor Bekas. hanya di Mobil123.com ,segera kunjungi http://www.mobil123.com/

  11. 23 April 2010 13:14

    semoga benar…

    tapi kok berlawanan ama iklan2 mereka ya…
    “selap-selip”

    hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: