Lanjut ke konten

Lorenzo: Kecelakaan Tanggungjawab Bersama

29 November 2009


foto:dok edo

TERJATUH atau kecelakaan saat balapan di sirkuit hal biasa bagi para pembalap. Terlebih bagi para pembalap profesional di ajang internasional seperti MotoGP.

Salah satu pembalap yang mengalami kecelakaan adalah Jorge Lorenzo (22). Anak muda asal Spanyol itu, terakhir apes benturan dengan Hayden di sirkuit Australia, 18 Oktober 2009.

Bahkan, saat bertemu dengan para blogger di Sentul, Bogor, Minggu (29/11) sore. Kelima blogger itu adalah Rudy Triatmono, Stephen Langitan, Adhi Nugroho, Taufik Hidayat, dan Edo Rusyanto. Saat itu, luka bekas kecelakaan itu masih membuat si The Rookie Year 2008 itu masih belum lincah benar. Panitia dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) bahkan mengingatkan 5 blogger agar saat foto bersama tidak merangkul Lorenzo.

“Balapan adalah pertarungan meraih juara, jatuh adalah bagian dari risiko,” tukas Lorenzo, saat bertanya jawab dengan para blogger, di Sentul.

Ketika disinggung tentang kecelakaan yang menimpa warga dunia, termasuk Indonesia, sang “Rocky of The Year 2008” itu mengaku, prihatin. “I am so sorry,” tukasnya.

Maklum, korban kecelakaan di dunia hampir menelan 1,3 juta jiwa pada 2008. artinya, setiap jam ada dua orang korban kecelakaan. Di Indonesia? Hampir sekitar 50 korban meninggal setiap hari.

“Soal kecelakaan menjadi tanggung jawab moral para pengendara. Artinya, berkendara di jalan tidak mencelakakan orang lain,” seru Lorenzo yang sempat mengalami kecelakaan saat latihan di seri GP Shanghai China Mei 2008. Ia terlempar dari motor dan mengakibatkan cedera di ankle kaki kiri. Namun, ia tetap melanjutkan pertandingan di seri Cina itu.

Salah satu hal untuk mengurangi kecelakaan, kata dia, harus ada standar yang bagus untuk memperoleh surat izin mengemudi (SIM). “Kecelakaan merupakan tanggungjawab bersama,” kata Lorenzo.

Ya. Kecelakaan bisa dikurangi risikonya dengan lebih saling menghargai serta santun dalam berkendara di jalan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: