Lanjut ke konten

Yamaha Pun ‘Gandeng’ Koboi

15 November 2009

foto:didi

‘MAU tidak mau, digital marketing atau internet masuk dalam kehidupan’

PERNYATAAN di atas dilontarkan Bambang Asmarabudi, general manager Marketing and Motorsport PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI), saat membuka pertemuan segilima, YMKI, DDS Jakarta, Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (Koboi), Yamaha Riders Club (YRC), dan Yamaholigan.

Pertemuan digelar Minggu (15/11), di Gedung DDS Jakarta, Jl Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Tak pelak, gedung megah berlantai tiga milik main dealer Yamaha untuk kawasan Jabodetabek itu, dipenuhi ratusan orang. Mayoritas adalah bikers yang bernaung di bawah Yamaha.

Selain silaturahmi, pertemuan disisipi dengan bocoran produk baru YMKI yakni Yamaha Jupiter Z 115 cc. ”Rencananya bakal kami luncurkan pada 29 November 2009,” ujar Bambang sumringah.

Pentingnya blogger sebagai perpanjangan tangan informasi para pabrikan sepeda motor sudah tak bisa dipungkiri lagi. Minggu siang itu, muncul para dedengkot blogger otomotif, seperti Rudi Trihatmono, Stephen Langitan, dan Taufik. Kalau aku sih, masih baru belajar. He he he…

Bambang mengaku, ”Produsen harus berjalan bersama dengan blogger. Obama (Presiden AS) saja butuh. Yamaha juga butuh dukungan blogger.”

Para blogger jangan besar kepala nih.

Yamaha yang di Indonesia diageni oleh YMKI, hingga Oktober 2009 menguasai 45,2% pangsa pasar, berada di nomor dua. Sang pemimpin pasar, masih Honda yang diageni oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan pangsa pasar 46,1%. Sepanjang Januari-Oktober 2009, total penjualan sepeda motor di pasar domestik mencapai 4,75 juta unit.

Jupiter Anyar dan Safety Riding

YMKI tergolong transparan. “Bocoran produk baru ini untuk menjawab kesimpangsiuran yang beredar saat ini,” papar Eko Prabowo, promotion manager YMKI.


foto:didi
Jupiter Z 115 c

Seperti apa motornya? “Mesinnya berkapasitas 113 cc dan memiliki air induction system (AIS) untuk ramah lingkungan. AIS untuk pensuplai udara bersih ke karburator,” jelas Slamet, service education DDS Jakarta.
.
Jupiter Z memang salah satu andalan YMKI untuk di segmen underbone alias motor bebek. Sepanjang sepuluh bulan 2009, YMKI melego sekitar satu juta unit motor bebek dengan pengusaan pangsa pasar 38,9%. Di segmen ini, YMKI punya tiga varian yakni Vega ZR, Jupiter Z, dan Jupiter MX. Kontribusi Vega ZR D pada Januari-Oktober sekitar 360 ribu unit dengan kontribusi terbesar terhadap total penjualan bebek Yamaha yakni 36,03%, sedangkan Jupiter Z cast wheel (CW) sebanyak 336 ribu unit atau berkontribusi sekitar 33,57%. Wajar saja, jika YMKI terus membenahi Jupiter Z.

Pemimpin pasar segmen bebek, AHM, mampu menjual 1,36 juta unit pada periode yang sama. Otot Honda ada di Revo Absolute yang mampu terjual sekitar 476 ribu unit.

Kembali soal motor baru Yamaha yang bakal diluncurkan akhir November ini. Menurut Slamet, bisa dipakai secara nyaman sekalipun dinaiki oleh tiga orang. Untuk pernyataan yang terakhir ini, Slamet buru-buru meralat karena sempat saya senggol bahwa bersepeda motor bertiga dilarang oleh UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), alias tidak safety riding.

Pertemuan juga diselingi dengan flash back mengenai iklan-iklan Jupiter yang ditayangkan di siaran televisi sejak 2003. Bintang iklan utama, Komeng, Didi Petet, dan Dedy Mizwar masih dipertahankan oleh YMKI. “Kami cukup happy dengan Komeng,” tutur Widhi, agency Yamaha yang mengurusi soal iklan.

Saat disenggol tentang tampilan iklan yang menonjolkan kecepatan hingga hiperbola, yakni merubuhkan jembatan dan tanki air serta baju sang bintang iklan sobek-sobek, Widhi mengaku, pihaknya ke depan akan memperhatikan aspek safety riding dalam iklan-iklan produk Yamaha. Maklum, saya sempat singgung bahwa iklan yang menonjolkan kecepatan motor seperti itu bisa mempengaruhi pengendara sepeda motor memacu kecepatan di jalan bahkan mungkin ugal-ugalan. Padahal, perilaku seperti itu bisa memicu kecelakaan di jalan.

“Terimakasih masukannya,” papar Widhi lagi.

Pertemuan pun diakhiri dengan menikmati hiburan musik di lantai dasar Gedung DDS Jakarta. Sebuah kongkow yang mengasyikan sekaligus menambah ilmu. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: