Lanjut ke konten

Buat yang Getol Pelatihan Safety Riding

9 November 2009


foto:dok pulsarian

BERSEPEDA motor di jalan raya Jakarta harus super waspada. Tahun lalu, setiap hari terjadi 16 kasus kecelakaan. Mayoritas melibatkan pengendara sepeda motor (bikers). Hasilnya? Tiga orang tewas sia-sia per hari. Selebihnya, tujuh luka berat dan 11 orang luka ringan.

Tunggu, itu baru yang tercatat oleh Kepolisian. Bagaimana dengan yang tidak tercatat? Diduga angkanya jauh lebih besar.

Ya. Setiap bikers dituntut super waspada saat berkendara. Karena itu, tak heran jika para kelompok sepeda motor giat memberdayakan anggotanya dengan pelatihan-pelatihan safety riding. Baik itu yang terkait kemampuan teknis berkendara maupun peningkatan pemahaman aturan lalu lintas, serta memupuk perilaku bersepeda motor yang santun dan bersahabat.

Di antara komunitas atau kelompok sepeda motor yang gencar memberdayakan anggotanya adalah Pulsarian, yakni komunitas pengguna sepeda motor Bajaj Pulsar dan Yamaha Jupiter Owner Community (YJOC). Keduanya menggelar pelatihan keselamatan bersepeda motor, Sabtu (15/11), di Jakarta. Bedanya, Pulsarian memilih tempat di lahan Carrefour Ciputat, sedangkan YJOC bertempat di Pondok Pinang, Jln H Muhi, Jakarta Selatan.

”SR Course Pulsarian bertujuan memberi pengertian, kesadaran dan awareness mengenai pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berkendara,” tulis pengumuman Pulsarian baru-baru ini di sebuah milis.
Selain itu, tujuan pelatihan itu mencakup pemberian informasi dan pengertian mengenai peraturan dan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai dasar dari keselamatan berkendara agar dapat menjadi contoh dalam berkendara bagi sesama pengendara dan masyarakat pada umumnya. ”Sehingga dapat membantu terciptanya kondisi lalu-lintas yang lebih aman dan kondusif,” tegas Pulsarian.
Di sisi lain, jelas Pulsarian, pelatihan mereka juga mengajarkan keahlian-keahlian dasar bersepeda motor yang penting untuk dimiliki, sehingga bisa lebih baik dalam berkendara dan diharapkan peserta dapat lebih percaya diri dalam berkendara secara aman.
SRC Pulsarian yang terbuka untuk umum, termasuk pengguna motor non-Pulsar, mematok batas maksimal peserta 60 orang. Setiap peserta dikenai iuran Rp 70 ribu sebagai pengganti PIN, sertifikat, handout, dan makan siang.
Sementara itu, SRC YJOC kali ini tidak menitikberatkan praktek(skill), melainkan pengetahuan mengenai safety riding. ”Kuota untuk SRC sesi pertama ini yaitu 20 orang, jika melebihi akan di daftarkan pada sesi selanjutnya,” tulis Lucky J Subiakto, salah satu senior di YJOC.

Karena itu, jelasnya, untuk setiap peserta di perkenankan membawa alat tulis.

Bagi bikers yang berminat bisa menghubungi bro Iqbal di 021-96325310 (YJOC), sedangkan untuk Pulsarian bisa menghubungi bro Yudi Kristianto di 08158877540 mengingat pendaftaran ditutup pada 12 November 2009.

“Pelatihan nanti merupakan kali keempat,” jelas Yudi Kristianto. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: