Lanjut ke konten

Mudik Pakai Motor, Jangan Abaikan Kondisi Tubuh

3 September 2009

Kamis, 3 September 2009 – 16:37 wib

Prasetyo Adhi – Okezone
Foto: okezone

JAKARTA – Sejak beberapa tahun belakangan, mudik menggunakan sepeda motor menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk pulang kampung. Tapi perlu diingat, perhatikan kondisi tubuh.

Mudik menggunakan sepeda motor tentu berbeda dengan menggunakan mobil. Hembusan angin kencang selama perjalanan, dan juga berjibaku dengan kendaraan lain yang lebih besar seperti truk atau bus, tentu dibutuhkan stamina serta konsentrasi yang tinggi.

Karena itu, bagi pemudik yang hendak menggunakan roda dua, sebaiknya jangan abaikan stamina tubuh Anda. “Upayakan agar beristirahat minimal setiap dua jam perjalanan,” pesan punggawa Road Safety Assosiation (RSA), Edo Rusia kepada okezone.

Selama waktu istirahat tersebut, gunakanlah waktu untuk melemaskan otot-otot tangan, kaki dan pinggang. “Sekira 10-15 menit cukup untuk istirahat,” tambah pria yang aktif kampanye safety riding ke sejumlah bikers ini.

Dengan beristirahat, kata dia, bisa kembali melemaskan otot-otot yang tegang dan juga membuat tubuh kembali lebih segar setelah menempuh perjalanan jauh. Dengan begitu, diharapkan konsentrasi tidak akan menurun.

Apabila Anda berpuasa, Edo berpesan, sebaiknya jangan makan makanan berlemak terlalu banyak termasuk mie instan. Makanlah makanan bergizi agar bisa menampung energi yang dibutuhkan selama perjalanan mudik. “Perbanyak sayuran, buah, ikan, minum susu dan vitamin secukupnya,” kata dia.

Dengan begini, badan akan tetap fit ketika diajak menempuh jarak jauh menuju kampung halaman. (uky)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: