Lanjut ke konten

Tiga Orang Meninggal Setiap Hari

11 April 2009

foto:istimewa

TIAP hari tiga nyawa melayang sia-sia di jalan raya. Mereka adalah korban kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor (bikers). Angka tersebut baru untuk wilayah kepolisian Polda Metro Jaya. Belum data tingkat nasional.
Data yang penulis himpun, sekitar 3,2 orang meninggal dunia setiap hari pada 2008 akibat kecelakaan sepeda motor di Jakarta. Kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor di wilayah hukum Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) sepanjang 2008 mencapai 5.898 kasus yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 1.169 orang. Kemudian yang menderita luka berat sebanyak 2.597 orang serta yang luka ringan 4.317 orang.
Jumlah hari pada tahun lalu sebanyak 366. Dengan demikian setiap hari terdapat 7 orang luka berat dan 11,7 orang luka ringan akibat kecelakaan sepeda motor.
Pada 2007, di Jakarta terjadi sekitar 3.099 kasus kecelakaan sepeda motor dengan korban meninggal dunia 719 jiwa. Artinya, sekitar 2 orang meninggal setiap hari karena kecelakaan sepeda motor.
Sedangkan yang menderita luka berat 1.703 dan luka ringan 2.454 orang, atau setara dengan 5 orang luka berat per hari dan 7 orang luka ringan per hari.
Angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor sekitar 88% dari total kecelakaan yakni 3.522 kasus.
Total kerugian, menurut data Polda Metor Jaya, ditaksir sekitar Rp 4,27 miliar.

Safety Riding
Melongok angka-angka itu, sudah tak bisa dibendung lagi penyebarluasan berkendara yang aman dan selamat (safety riding).
Beberapa aspek yang menjadi fokus adalah, pertama, penggunaan atribut pelindung seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu. Kedua, peningkatan kemampuan berkendara (skill). Ketiga, memahami aturan lalulintas. Keempat, senantiasa menggunakan komponen yang berkualitas bagus bagi sepeda motor.
Penyebarluasan safety riding harus masuk ke seluruh elemen masyarakat. Tanpa itu, jalan raya menjadi belantara yang ganas. Mesin pembunuh paling sadis di metropolitan. Sekaligus pemicu kemiskinan di tengah masyarakat kita. (edo)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: