Skip to content

Motor Lawas Honda

19 Oktober 2011
honda dream 1968

PARA pecinta motor lawas Honda cukup banyak di Indonesia. Saat ini, sedikitnya ada 76 kelompok pecinta motor klasik Honda di negara kita.
Mereka merawat dan memakai motor-motor besutan tahun 1960-an dan 1970-an untuk aktifitas sehari-hari. Bahkan, ada yang memakainya untuk touring ratusan kilometer. Walau, tak sedikit yang menempatkannya sebagai koleksi.
Kita tahu, di masa awal masuknya sepeda motor Honda dari Jepang, yakni tahun 1960-an, siroda dua didatangkan dalam keadaan utuh. Berbeda dengan saat ini yang sudah dirakit atau diproduksi di Nusantara.
Saat saya singgah ke ajang Carnaval Classic Honda, di Museum Purna Bakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (15/10/2011), terlihat ratusan bahkan ribuan motor lawas Honda. Bahkan, di salah satu stand yang disebut museum motor Honda dari masa ke masa, terlihat sejumlah motor yang jarang kita temui di jalan raya.

Motor-motor tersebut di antaranya adalah Honda C 102 (1962), Honda Dream (1968), Honda PC50 (1968), Honda Z 50 A (1971), Honda ST 70 (1972), Honda S 90 Z (1974), Honda Z 50 J (1975), Honda C50 (1975), dan Honda SS 70 E (1975).

Tentu tak sedikit pecinta motor lawas Honda yang juga merupakan konsumen aktif. Maksudnya, selain memiliki motor klasik, mereka juga membeli produk terkini pada zamannya. Misal, sekalipun punya Honda CB 100, sang bikers juga memiliki Honda Scoopy atau Vario. (edo rusyanto)

About these ads
11 Komentar leave one →
  1. 19 Oktober 2011 05:39

    Piro umure kok masih bisa jalan?

  2. 19 Oktober 2011 07:59

    cakep nian ni motor

  3. Arsenal is down permalink
    19 Oktober 2011 14:09

    Ya om,saya juga masih sering nemuin motor lawas honda,yang umurnya lebih tuwa motor itu dati pada saya.
    Maaf nih om,..ada gak ya penggemar motor lawas dari produk laen?kok saya jarang nemuin jang seperti ini.
    Trus,…kemanakah produk motor yang lawas lawas lainnya itu?

    • edo permalink*
      19 Oktober 2011 15:22

      rasanya ada, namun jarang mencuat. tapi memang jarang sekali kita jumpai di jalan-jalan.

  4. vyzex permalink
    19 Oktober 2011 17:46

    punya cb100 dan punya vario

    nyindir mas taufik ya kang?

    hahaha

    • edo permalink*
      19 Oktober 2011 18:26

      kalau kang taufik gak punya cb, punyanya Gelatik. hehehehe…gak lah, faktanya ada beberapa yg saya temui juga seperti itu tempo hari. salam

  5. 19 Oktober 2011 19:19

    Koleksi honda jadul saya

    http://blognyamitra.wordpress.com/2010/04/03/iklan-motor-honda-jadul/

    • 19 Oktober 2011 19:20

      trims mas bro tambahan infonya. salam

  6. arsenal permalink
    19 Oktober 2011 21:05

    sebenarnya saya juga tertarik model motor lawas,nyentrik gitu.tapi gak nahan biaya berobatnya.sakit sakitan lagi.

    kalo motor tahun jebot aja masih ada,dan motor baru setiap tahun lahir rapet banget,kok indonesia gak penuh penuh ya.

  7. 9 November 2011 09:37

    Kebetulan saya sendiri punya c70.
    dan rencananya kita mau Jambore nich buat CB ke-4 di Bengkulu.
    Yang mau ikutan yuk saya tunggu di sini.
    jamborenya di pinggir pantai dan dibawah benteng terbesar se-asia tenggara lho…(iklan disbudpar) gagaga..
    OneHEART

    nitip om : All New Avanza 2012 | All New Xenia 2012 http://www.cumasatu.com/otomotif/all-new-avanza-2012-all-new-xenia-2012.html

  8. 27 Januari 2012 10:58

    penyuka-pengguna dan pemelihara motor tua itu ada beberapa kasta/unsur dan sebab:

    01. pakai motor tua krn ogah beli baru. krn kalo beli baru otomati 99%-nya pasti kredit, dan itu bikin enak kumpeni orang lain / lembaga kredit.

    02. pakai motor tua krn gak mampu beli kredit. harga 10 juta pas lunas totalannya 16.5 juta. tapi kalo beli cash 5 juta malah mampu.

    03. pakai motor tua krn hobby, walaupun dirumah punya motor lain yg tahunnya baru. tp krn hobby, yg dipake selalu yg tua.. (ini beda prinsip dgn poligami). type yg ini biasanya seneng pake tapi gak seneng koleksi banyak..

    04. pakai motor tua krn baru tahu, baru kenal, baru bangga2nya pake mtr tua supaya dilirik orang dijalan. krn kl pake mtr baru… emang ada yg bilang hebat gitu…?

    05. pelihara motor tua krn hobby koleksi. motor tua dibeli dikumpulin dipajang2, tapi kaga dipake. cuma buat seneng2an diliat doang sama dipamerin sm tamu2 yg maen kerumah. atau dipamerin pas ada hajatan lomba motor klasik.. kali aja dapet hadiah pertama.

    06. pelihara mtr tua utk diperjual belikan, cari untung gede, beli rongsokan dibangun lagi, dijual lagi. ini berlaku juga buat builder yg cuma ngejar kepuasan. demen aja hunting mtr tua buat dibangun lagi, pas udah jadi cuma dipandang2 doang, demen liat hasilnya. dijuaal dah. tapi ya teteep.. mesti untung gedeee.

    07. beli / pelihara mtr tua buat dikanibal onderdilnya. beli utuh 7 juta, abis itu diurai dijaul per komponen. dr 7 juta bisa balik 2x lipat. contoh batok lampu.. jualnya dipisah2… kaca lampu 100, cangkang lampu 100, lis lampu 100, reflrektor cekungan 100. atau tangki. tangki dijual 1juta, tulisan honda 200, lambang sayap honda 200. pdhal belinya 1 set lengkap. giliran dijual di pisah2 harganya.

    08. yg terbaru saat ini… pake motor tua krn TREND. seringkali motor baru dikanibal sana sini supaya nampak spt motor tua, pdhal aslinya tiger atu megapro. rangka dipotong2 lalu ganti tangki-jok-tutuptangki-lampu-spion… dibuat mirip spt motor tua. pdhal bukan.

    kriteria penyuka motor tua yg lain, silajkan ditambahkan aja yah. capek ngetiknya.. hehehehe…

    utk foto diatas yg w.merah.. eke punya 2 honda dream 305 ex CPM TNI-AL (POMAL) . yg model selah staternya arah kedepan, bkn kebelakang.. w.putih susu. sayang udah pindah tangan..

    slogan hari ini buat penyuka motor tua:
    -jangan ngaku kaya kalo belum dirempongin sama motor tua-
    -motor ente baru ? kenceng ? keren ? …..emg ada yg bilang hebat gitu…???? kekekek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.298 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: