Skip to content

Inikah Yang Bikin Yamaha Vixion Moncer?

25 Juli 2011


Yamaha Vixion (dok ymki)

BARU saja buka-buka email masuk, eh ketemu artikel soal fuel injection (FI). Artikel yang saya baca, Senin (25/7/2011) pagi itu, cukup menarik.
Kita tahu, sepeda motor yang beredar di Indonesia saat ini ada yang memakai sistem karburator dan ada yang memakai sistem FI. Uniknya, di kelas sepeda motor sport, produk yang memakai FI justeru menyita minat konsumen.
Ya. Motor Yamaha Vixion menjadi motor yang merajai di kelas motor sport domestik. Volume penjualannya saat ini rata-rata 19 ribu unit per bulan. Dengan pangsa pasar rata-rata sepanjang semester pertama 2011 mencapai sekitar 36%. Wow!
Lantas, apa sih sistem injeksi itu. Ini dia penjelasan versi Yamaha Motor di Indonesia. FI menggeser penggunaan karburator yang boros bahan bakar. Meskipun FI baru lebih dikenal di abad modern ini, ternyata perkembangan teknologi itu sudah dirintis sejak 1930. Bukan langsung digunakan pada motor tapi pertamakali diterapkan pada pesawat terbang buatan Jepang. Dipakai pada pesawat terbang karena pergerakannya tiga dimensi jadi tidak mungkin memakai mesin karburator. Mesin injeksi lalu dipakai pada mobil balap tahun 1950-an dan mobil 2 tak Mercedes-Benz tahun 1960.
Sampai akhirnya Yamaha menggunakan FI pertama kali di tahun 1982 pada Yamaha XJ750 dan berlanjut pada motor R1serta skutik. Di Tanah Air, FI hadir perdana melalui Vixion yang diluncurkan pada 2007. “Yamaha sukses membuka pasar sepeda motor injection dan sudah hampir lima tahun Yamaha mengedukasi pasar dan bengkel sehingga hampir seluruh bengkel Yamaha sudah siap dan tidak asing lagi dengan injeksi,” papar Indra Dwi Sunda, PR & Corporate Communication Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), dalam artikel tersebut.
Sistem FI yang bikin Vixion moncer dalam penguasaan pangsa pasar di Indonesia?

Cara Kerja
Lalu bagaimanakah cara kerja FI? Sebagai contoh simpelnya, cara kerjanya sama seperti sistem tubuh manusia. “Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin,” jelas Dirdhana, Supervisor Technical Support Group PT YMKI.
Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.
Mengingat pentingnya FI, para pengguna motor dengan sistem tersebut berkreasi sendiri dengan menambahkan peningkat oktan atau octan booster untuk meningkatkan performa mesin. Khusus buat V-Ixion, jangan menambahkan octan booster tipe tablet karena residu karbon pada oktan tersebut menumpuk pada butterfly throttle body. “Mesin motor bisa mati akibat residu octan booster yang tidak tercampur sempurna sehingga mengganjal lubang injektor. Masalah ini sering ditemukan di Jakarta,” sebut Dirdhana.


(foto:edo)

Di luar problem itu, kata dia, para pengguna Vixion merasakan manfaat besar FI yang membuat motor irit bensin dan tahan lama. Irit karena injektor menyuplai bahan bakar ke mesin berdasarkan kebutuhan mesin. Iritnya penggunaan bensin membuat para pengendara V-Ixion biasanya membawanya menempuh jarak jauh. “Dari hasil survei jaraknya bisa melebihi 12.000 km per tahun. (biasanya di bawah jarak itu). Alasannya karena hemat bahan bakar jadi dikendarai dalam jarak jauh. Namun jangan sampai lalai menjaga keselamatan pengendara sendiri saat menempuh jarak jauh. Dianjurkan untuk istirahat per 2 jam sekali,” anjur M Abidin, Assistant General Manager Technical Support PT YMKI.
Selain irit bensin, manfaat sistem FI lainnya adalah membuat motor awet karena sistem tersebut jarang mengalami kerusakan. Saat ini FI yang digunakan pada Vixion standarnya uero 2 sesuai peraturan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).
Ooo… ternyata begitu tokh cara kerja sistem FI? Bagaimana menurut Anda? (edo rusyanto)

About these ads
31 Komentar leave one →
  1. 25 Juli 2011 12:43

    apik mbah

  2. Nandi permalink
    25 Juli 2011 12:54

    Sy memang awam klo so’al mesin. Tp yg ingin sy tanyakan. Sy punya vixion 2011. Sesudah sy nyalakan kontak trus lampu indikator di speedo mtr nyala sbntar lngsung mati. Tp masih ada bunyi kyak desingan. Itu knapa ya. Apkh ada kerusakan?

    • 25 Juli 2011 14:01

      itu suara pompa injeksi mas bro :!:

      • dani permalink
        14 Januari 2012 10:01

        hahahahaha

  3. 25 Juli 2011 13:22

    mmg begitu braderr,.di usahakan tunggu lampu mati bru stater

  4. hendro permalink
    25 Juli 2011 13:41

    dah terbukti kok…vixi-ku dah 4 thn blm ada problem apa2 soal injeksi :) pake dalam kota lincah, luar kota mantap di tikungan…. YAMAHA smakin jauh didepan

  5. 25 Juli 2011 14:12

    Nice info kang

  6. 25 Juli 2011 15:07

    Mantaaaf Mas Bro tolong klu ada info mengenai yamaha vixion mohon untuk diinformasikan

  7. 25 Juli 2011 15:10

    yoi brot.. jgn dicekokin preminum yaahh itung2 nyumbang negara :lol:

  8. ricky_nurdin permalink
    25 Juli 2011 15:27

    semoga Yamaha punya strategi untuk Vixion untuk kedepannya,yaa jaga2 kalo Honda nyalip penjualan Vixion

  9. 25 Juli 2011 15:35

    Disamping FI juga karena sudah berpendingin cair dan harga cukup terjangkau, sehingga sendirian di kelasnya.

    • Vian permalink
      15 Agustus 2011 22:04

      iyo brow itu krna kwajiban cz smakin bsar cc mkin bsar jga power dri pmbakaran nah klo ada pmbakaran psti ada pnas,,engin ato mesin gak bgus jga trlalu pnas cz bsa nyebabkan piston macet or ngejem.. mkanya dipsang colant or pndingin…

  10. Otomotif2™ permalink
    25 Juli 2011 16:42

    Mantab masbrow…
    pertahankan..hahahaaa… :)

  11. 25 Juli 2011 17:20

    buat semua yg tau tempat servis V-ixion yg bagus dimana ya?,maslahnya kalo dibengkel resmi kagak ditanggapin,taunya bersihin Filter,ganti Oli,seting Lngsam,kalo kita bilangin kelhan begini begitu,jawabannya enak aja”masih standard”,saya dari Bekasi.

    • Mameg permalink
      31 Maret 2012 10:08

      ada bro, nama bengkelnya HKU Racing,
      alamatnya di Surabaya, spesialis FI dan motor 4 klep bro.
      kalo tdk memberatkan ya mesin Vixi nya bro dikirim ke sana untuk digarap ;)
      silahkan dicheck bro:

      http://hkuracing.com/tag/yamaha-vixion

      http://hkuracing.com/modifikasi-balap/modifikasi-motor-yamaha-vixion-stage1.html

  12. 25 Juli 2011 17:53

    btul……btul…….setahun punya saya dah nembus 13ribuan, sekarang dah 17ribuan umurnya 1tahun lebih 3bulanan. Tapi komstir saya rasanya dah harus diganti, dah keseringan ng”lawan”+oleng.

  13. tigerpiceks permalink
    25 Juli 2011 18:24

    seandainya bodynya vixion lebih gede dari yang sekarang, gw ambil ga pake mikir… :hammer:

  14. davied permalink
    25 Juli 2011 18:59

    yang menjadi pertanyaan mengapa untuk sekelas injeksi masi ada beberapa kondisi mesinnya nyendat,trus starter kadang mesin bisa langsung hidup kadang harus beberapa kali starter.karena bukan saya aja yang mengalami ini…mgkn bro2 yang lain bisa share,mgkn ini perlu evaluasi lagi utk YMKI agar menyempurnakan sistem injeksinya…

    • Space Monkey permalink
      25 Juli 2011 21:34

      Pake premium yaa, hayoo…

      • davied permalink
        26 Juli 2011 00:26

        sori mas bro..dari awal beli pake shell super xtra,dan skrg utk kemudahn memperoleh bahan bakarnya pindah ke pertamax plus…

    • Vian permalink
      15 Agustus 2011 21:54

      itu bsa di sbabkan timing injeksi yg kurang pas..
      bsa jga krna ada ssuatu yg msuk k injektor cntohnya air cz massa jnis air lbh brat jd air brda d bgian bwah trus lbih dlu msuk k injektor…
      pnyebabnya cz udh prjalanan jauh tangki gak diisi full itu mnyebabkan udra pnas d dlam tangki mngambun stulah shu d dlam tangki mnurun.. trus alternatfnya mngisi full tangki stelah prjalanan jauh ataw bleeding dlu deh feulnya sblum starting..

  15. 25 Juli 2011 20:53

    hati2 trennya turun tuh….

    http://otobizz.blogspot.com/2011/07/video-motogp-laguna-seca-2011-stoner.html

  16. 25 Juli 2011 21:16

    Kuat berapa berpa menitkah anda anda semua cekidot

    http://absoluterevo.wordpress.com/2011/07/25/friday-april-2-2010-gadis-perawan-yang-di-sembelih/#comment-801

  17. Endang B permalink
    26 Juli 2011 00:50

    Mbah Edo,
    kapan ymki rilis viksen pake cakram belakang spido analog digital kayak bajaj gigi 6 speed ya mbah…….??
    kok cuman ganti striping doang sih.
    saklar ilang pula.
    kapan ya ymki mau
    nurutin konsumen.
    Apa nunggu konsumen
    bosen dgn viksen.

  18. agoey permalink
    26 Juli 2011 09:04

    simple bertenaga…..

    http://agoey.wordpress.com/2011/07/25/knalpot-akrapovic-ninja-250-r/

  19. man permalink
    27 Juli 2011 19:05

    omm kakak bapa ibu nenek kakk ,,,

    beli bodi yamah vixion di manah yahh ?
    biar jadi seperti motor sport gitu ..
    contohnya kayak CBR gitu ..

  20. Vian permalink
    15 Agustus 2011 21:42

    FI mantap brow.. slain irit bhan bkar jga sefty banget so klo jtuh tu mtor lngsung mati.. ane nyebutnya ECM(Elektrik Control Modul) jdi sistem pmbkaran or combosien camber nya diatur ama elektrik.. mantap gak tuh???? tp prhatikan kbrsihan bhan bkarnya brow jan ampe ada ktoran msuk tangki cz bsa msuk k injektor..

  21. jaya permalink
    23 Agustus 2011 05:23

    gak sia-sia deh udah beli v-ixion, meski harga di papua 24.560.000, tapi puassss pake vixion, gak kalah kalau nampang dgn motor sekelas dari pabrikan lain.

  22. Aldian permalink
    14 September 2011 16:34

    Gw sdh pake Vixion dr th 2009 sejauh ini ngga ada problem, mesin ok, perawatan mudah.. tapi skrng dah dijokul mgkn ntar beli lg kalo speknya sdh lbh besar. Ditunggu yah versi update nya.

  23. adhy permalink
    30 Juli 2013 15:33

    aq punya fixi 2008.. skrg udah 5 taon…ban blakang aq pake 130/70-17 depan 110/70-17 velk RGV…. slama hampir 5 tahun kondisi mesin standar power gas mentok 145 km/jam tp knapa sdh 2 hari ini brubah aq pakai jalan jauh gas mentok kok sisa 120 km/jam.. padahal tdk ada yg di ubah.. kok tiba2 melorot bgt… kira2 apa masalahnya???
    tolang balas di email sy;; ladyvanadhy@yahoo.com..
    thank’s before

Trackbacks

  1. MENGAPA HARUS YAMAHA VIXION? « Binar's~Spy_baR~Iha's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.345 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: