Lanjut ke konten

Icha Tak Malu Kondangan Pakai Helm

12 Februari 2011

foto:dok icha

 

SEHARIAN meringkuk di tempat tidur ditemani tayangan televisi. Sudah tiga hari tubuh terasa tak enak, terpaksa tidak masuk kerja. Sampai satu ketika, sudut mata tergoda oleh sebuah iklan shampoo. Iklan menampilkan adegan pemeran iklan kondangan ke perkawinan, lengkap memakai helm.

Penasaran. Sabtu (12/2/2011) sibuk mencari dokumentasinya di jejaring internet. Aha. Ketemu juga, sehingga bisa memahami cerita lengkap iklan tersebut.

Diceritakan, dua orang gadis yang berniat kondangan ke perkawinan terkendala mogoknya mobil mereka. Lalu, ada pemotor yang melintas. Singkat cerita. Kedua gadis itu menggunakan motor tersebut menuju lokasi resepsi perkawinan. Keduanya memakai helm open face, lengkap dengan mengkliknya secara benar. Helm dibawa hingga ke lokasi resepsi.

Semua orang berdecak kagum, rambut sang gadis yang mengendarai motor rambutnya tidak kusust karena helm. Sedangkan gadis satunya yang diboncengi, rambutnya kusut karena memakai helm.

Lalu diceritakan alasan di balik tidak kusutnya rambut wanita yang memakai helm. Sang pemeran, Alyssa Soebandono pun berseloroh, ”Ngapain bayar mahal untuk rambut cantik.”

 

Helm

Inilah iklan yang menggoda sudut pandang saya. Bukan karena sang pemerannya. Walau, sudah barang tentu, sang pemeran cantiknya luar biasa. Tapi adegan memakai helm saat bersepeda motor, lalu mengkliknya secara benar, dan tak sungkan membawa helm ke resepsi pernikahan.

 

Saya yakin, semua demi keselamatan ketika bersepeda motor. Sayang, saya belum bisa bertanya kepada pemeran iklan tersebut.

Iklan yang ditayangkan secara berkala di televisi swasta di Tanah Air itu, bagi saya menjadi satu nilai lebih. Selain mengiklankan shampoo-nya, pesan keselamatan yang terkandung di dalam iklan tersebut patut diacungi jempol.

Secara langsung maupun tidak langsung, produsen shampoo tersebut ikut mengedukasi masyarakat bahwa bersepeda motor wajib memakai helm. Selain diatur oleh Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), kita semua tahu, memakai helm saat bermotor bisa mengurangi risiko jika terlibat dalam insiden kecelakaan lalu lintas jalan.

Oh ya, sanksi untuk pemotor yang saat berkendara tak memakai helm adalah denda maksimal Rp 250 ribu atau sanksi kurungan badan maksimal satu bulan. Tingga pilih.

Semoga para pembuat iklan kian menyadari pentingnya pemakaian helm ketika bersepeda motor. Kepolisian RI mencatat bahwa mayoritas pemicu kematian pemotor yang terlibat kecelakaan adalah diakibatkan oleh luka di kepala.

Lewat iklan yang ditayangkan terus menerus di televisi, semoga para penonton ikut terhipnotis oleh pentingnya memakai helm.

Alyssa ‘Icha’ Soebandono. (dok icha)

Ngomong-ngomong, bintang iklan rejoice, Alyssa Soebandono yang akrab disapa Icha, juga pernah kesengsem numpak sepeda motor sport Kawasaki Ninja. ” WOW!! Icha jadi ga sabar mau lihat gimana kalau Icha diatas motor sport dengan costume yang disesuaikan, cocok ga ya?,” tulis gadis yang kini menekuni studi di Melbourne, Australia itu, dalam blognya.

Soal motor sport itu, dia berseloroh, kali ini, cukup rumit, karena harus ada teknik-teknik yang cukup susah dan membutuhkan waktu untuk mendapatkan gambar dan hasil yang sempurna. ”Menurut client, director, dan agency,” sergah gadis kelahiran Jakarta 20 tahun lalu tersebut. (edo rusyanto)

About these ads
13 Komentar leave one →
  1. 12 Februari 2011 10:24

    ehm…jadi ingat kata2, icha come to papa,
    wkwkwk

    • 12 Februari 2011 10:32

      hehehehehe….dimana yah? halooooo….pa kabar nih bro?

  2. 12 Februari 2011 10:30

    iklan rejoice numpanngg…

  3. 12 Februari 2011 10:30

    iklan rejoice numpanngg…
    Ntp http://az147r.wordpress.com/2011/02/12/cbr-150r-cuma-rp-30-juta-di-filipina/

  4. 12 Februari 2011 12:41

    iklan yg motor ada adegan stoopy, jaketnya robek-robek mengedukasi kah…???

  5. gins permalink
    12 Februari 2011 14:56

    Jd inget pernah baca di ndorokakung.com, perihal artis ini…

  6. satriafu150 permalink
    12 Februari 2011 14:59

    fino tuh, dari cover knalpot yang mirip mio sporty generasi pertama.

  7. 12 Februari 2011 14:59

    cocok mbah…. cuantiqqq

  8. 12 Februari 2011 15:14

    mbah Edo teliti benar. TeO Pe dah .,

  9. pakbambangnunggangjaran permalink
    12 Februari 2011 17:41

    dikompori produsen iklan lain mbah,,,,

    • 12 Februari 2011 17:53

      Iklan apa yah? Hemmmm….tapi, makin bagus jika para produsen saat bikin iklan naik motor sang tokoh dipakaikan helm. Salam

  10. varioputiih permalink
    12 Februari 2011 19:20

    kalo di ftv malah jarang yang make helm :(

  11. tiyo 2010 permalink
    14 Februari 2011 06:28

    sayang pas jalan naek motor icha dan temannya ga pake jaket. cuma pake baju ala kadarnya aja. kurang safety tuh……kalo pas jalan terus jatoh gimana? eman2 tuh kulit mulusnya……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.118 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: