Skip to content

Mogok, Terpaksa Sang Vixion Rawat Inap

30 Januari 2011

Mendorong Vixion yang mogok. (dok edo)

 

PANASNYA sengatan matahari Jakarta mendidih ke ubun-ubun. Maklum, jaket plus body protector malah menjadi beban ketika harus mendorong sepeda motor Yamaha Vixion. Kejadian yang tak akan terlupakan ini, baru saja terjadi. Sabtu (29/1/2011) di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Kejadian bermula ketika baru saja melintas jembatan fly over Kalibata, persis setelah pabrik sepatu Bata. Tiba-tiba mesin motor mati. Setelah periksa sana-sini, tak ada yang aneh. Terpaksa mendorong motor yang memiliki berat sekitar 125 kilogram itu. Lumayan, sekitar 100 meter. Di bawah terik matahari dan dehidrasi. Mandi keringat.

Sang Vixi dicek sang teknisi. (foto:edo)

 

Agak terbantu ketika bro Cakra, salah seorang bikers pemakai Vixion dengan ikhlas mendatangi lokasi saya yang berhenti di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional, Kalibata. “Rumah saya di Jl Siaga, Pasar Minggu,” papar pria muda yang memodifikasi Vixion versi 2010 dengan apik itu.

Hal yang menarik. Ketika bro Cakra tiba, mesin bisa dihidupkan kembali. Itu setelah mesin didiamkan sekitar 30 menit. “Harus diperiksa lebih jauh pak, kebetulan ada bengkel resmi Yamaha di dekat sini,” saran bro Cakra.

Masuk akal. Saya khawatir, sekalipun bisa hidup, di tengah jalan mati lagi. Konyol.

Teknisi di bengkel PT Sumber Mas Motor, Jl Raya Pasar Minggu, memeriksa dengan teliti. Sekalipun, saat itu, bengkel tersebut sedang padat-padatnya menerima jasa servis. “Tolong diperiksa motor bapak ini,” ujar wanita penerima pendaftaran kepada sang teknisi yang ketika itu sedang memperbaiki salah satu motor.

 

Setelah dicek, sang teknisi menyarankan agar Vixion saya menjalani servis besar. Artinya, seluruh daleman harus diperiksa. “Kemungkinan kompresinya kosong, sehingga gak bisa membakar. Servis besar akan memeriksa seal klep, packing block atas bawah, ring, dan ring piston,” tutur sang teknisi dengan telaten.
Namun, kata dia, servis besar hanya bisa dilakukan pada Senin (31/1/11). “Bisa seharian proses servisnya pak, kalau dikerjakan dari pagi bisa rampung sekitar jam tiga sore,” papar dia lagi. Maklum, saat kejadian adalah hari Sabtu, lalu Minggu bengkel tersebut libur. Praktis pengerjaan baru dilakukan pada Senin.

Bro Krisna. (foto:edo)

Setelah ditimbang-timbang, maklum sang Vixion sudah memasuki kilometer ke 38 ribu, saya putuskan untuk ’dirawat inap’. Walau, resikonya selama tiga hari gak bisa riding dengan sang Vixion.

”Mau saya antar ke kantor pak,” tawar bro Cakra, setelah saya menerima surat perintah kerja (SPK) dari wanita penerima pendaftaran di bengkel itu.

Bro Cakra memang mulia. Selain berkenan datang membantu memeriksa dan mengantar ke bengkel terdekat, pria muda yang sedang melanjutkan program strata dua (S2) jurusan sumber daya manusia (SDM) di Universitas Prof.Dr. Moestopo, Jakarta itu, juga berkenan mengantar saya ke kantor. Jaraknya lumayan, dari Kalibata ke Jl Sudirman, Jakarta Pusat. ”Yah, saling membantu sesama bikers pak,” ujar bro Cakra merendah. Trims bro Cakra. (edo rusyanto)

About these ads
48 Komentar leave one →
  1. 30 Januari 2011 11:09

    Salam brotherhood buat bro Cakara. Jazakalloh khoiron bro

    http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/30/ninja-250-freestyler-gilaaa/

  2. Fagins permalink
    30 Januari 2011 11:11

    Salut buat mazbro CK nya…

  3. 30 Januari 2011 11:12

    @triyanto dan fagins: betul bro, selain bro cakra, ada bro arif rahman yg juga membantu via telepon. salam

  4. 30 Januari 2011 12:47

    Hemmm…
    Sudah saatnya Pak Edo…
    Saatnya GANTI yang BARU…xixixi

    Untung masih ada orang yang baik
    hati gitu…di saat seperti ini…

    Pasti akan dapat pahala yg sangat besar
    Amin :)

  5. 30 Januari 2011 12:53

    ganti cbr aja mbah..

  6. benedict87 permalink
    30 Januari 2011 13:03

    Kelanjutannya di share lg y Pak Edo,,
    Berguna nih buat penunggang vixion sperti saya ..
    Salam ..

  7. 30 Januari 2011 13:08

    @dani dan #99: uangnya belum cukup nih.

    @benedict: siappp bro, smoga lancar deh, dan gak terlalu mahal, hehehe…trims

  8. 30 Januari 2011 14:31

    waduh…ditunggu update beritax pak knp motorx jd sampai begitu

    • 30 Januari 2011 16:56

      mungkin kurang sentuhan, hehehehe…salam

  9. husna_MiLYS 064 permalink
    30 Januari 2011 17:11

    “Setelah dicek, sang teknisi menyarankan agar Vixion saya menjalani servis besar. Artinya, seluruh daleman harus diperiksa. “Kemungkinan kompresinya kosong, sehingga gak bisa membakar”

    Kalo boleh tau tahapan pengecekan ada tes kompresi mesin ga pak, pakai kompresi tester, sehingga teknisi baru bisa ambil keputusan servis besar, tapi kalo saya ambil kesimpulan dari artikelnya, pengecekan kompresi belum dilakukan yah, dan teknisi langsung ambil tahapan servis besar.

  10. 30 Januari 2011 17:12

    Wuahhh kok saya jadi ikut2an tampil, Hehehe.. Ditunggu kabar update motornya Pak Edo

  11. 30 Januari 2011 17:54

    @husna: dia mengecek memakai alat yg seperti difoto itu bro. smoga sih gak kenapa2 tuh motor, hehehe…trims atensinya yah. salam

    @cakra: trims bro, segera ane update setelah kelar ditangani ahlinya. salam

  12. bani permalink
    30 Januari 2011 17:54

    1. itulah persahabatan sejati.
    2. barangkali Vixionnya terus diforsir, lupa dirawat kecuali digosok biar tetap kinclong. Motor juga manusia… eh bukan motor juga butuh perhatian dan sentuhan perawatan ..

    • 30 Januari 2011 17:58

      iya neh, padahal servis rutin hampir tiap bulan tuh, mungkin kurang sigap nih. trims bro atensinya.

  13. Motken permalink
    30 Januari 2011 17:58

    disinyalir om cakra yang memfoto pak edo lagi dorong motor hehehe

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/30/pabrik-yamaha-spanyol-tutup-karena-turunnya-permintaan-global-dan-kelebihan-kapasitas-produksi/#comment-1672

    • 30 Januari 2011 18:01

      wah ada yg kelebihan kapasitas produksi yah? sssttt…yg moto tukang siomay pas lewat dibajak, hehehehe….

  14. 30 Januari 2011 18:01

    Beuuuhhhh, oom Cakra emang tob abis dah. Gak salah nih tulisan blognya, dulu si Blekok juga di bantu ama oom Cakra ini. Sukses selalu yak Cak.

  15. softech_niQ permalink
    30 Januari 2011 20:08

    untung tu motor 3S nya mrakyat,coba kl ga,bs dorong ampe 10km kali,,,,,itupun kl emang ada nemu.

  16. 30 Januari 2011 20:11

    @khoent: betul banget, bro cakra layak jadi panutan, peduli pada sesama bikers. mantabsss….

    @softech: hehehehehe…

  17. Amamoto permalink
    30 Januari 2011 20:53

    Keren tuh Om Cakra, layak menjadi panutan of the year

  18. wiro permalink
    30 Januari 2011 21:19

    tuker nmp aja dapat bonus bumerang

  19. 30 Januari 2011 21:28

    Pak Edo, fuel pumpnya gimana ??? sudah di cek ama bengkel ???

  20. Dani permalink
    30 Januari 2011 21:29

    Sesama penyemplak vixion, ……begitu kesannya
    ane pernah mogok juga pas cdi kena air di puteran UI depok ada penyemplak shogun plus boncenger kearah ps minggu…kondisi hujan masbro mereka berhenti en nawarin dorong pake kaki boncengernya sampai halte tadinya mo nyampe ps minggu juga pas tahu rumah ane didaerah situ soalnya rumah mereka didaerah ranco….berhubung ane tau penyakitnya ane jelasin kemereka ane bilang ane neduh dulu aja soal masalah motor ane bisa beresin sendiri, cuma nunggu hujan reda ajah terus keringin CDI pake lap soalnya gak tega juga mereka bantuin sejauh ke ps minggu dan mereka pun melanjutkan perjalanan… padahal dah ane tawarin kopi panas…thank sob… sayang belon kenalan….

  21. Dani permalink
    30 Januari 2011 21:32

    satu lagi yang ane pikir gak harus motor sekawan dan saya yakin Jakarta masih banyak orang bantu tanpa pamrih

    Temen ane bawa supra x 125 diderah kalimalang dan tiba-tiba mati setelah bermandi kubangan..ada bapak-bapak bantuin, motornya megapro…motor temen ane mati dan bapak satu ini bantu dorong nyampe rumah temen ane tanpa pamrih bahkan ditawari uang pun doi menolak, ajaib…

  22. Dani permalink
    30 Januari 2011 21:33

    but anyway salut…….

  23. 31 Januari 2011 00:00

    weleh…bar ganti gear set kok macet…padahal gak ada hubungannya…
    buat om cakra…semoga kebaikan anda dibalas dengan sesuatu yang berharga…amiiin…

  24. triatmono permalink
    31 Januari 2011 05:13

    Mbaaagh Edo,… sedikit analisa :
    1. Kalau terkait dengan ECU kemungkinan besar tidak deegh… kalau ECU kena, seperti CDI sekali rusak… yaaa ganti alias nggak bakalan bisa nyala… !!!
    2. Kalau daleman ada masalah,… sampai gasket, ring piston, valvez etc… gejalanya awalnya terdengar kasar… ngerasakan sebelumnya agak lambat responsenya etc.
    3. Kemungkinan bensin yang nggak bisa tersupply… sehingga injektor nggak bisa nyemprot… sehingga nggak bisa terjadi pembakaran …!!!

    So… suspect… fuel pump coba ganti dulu… nggak perlu merambat ke daleman engine … !!! :D

    • 31 Januari 2011 09:29

      makasih inputnya mas tri, fuel pump ku sebelumnya sudah diganti waktu ada program penggantian gratis beberapa waktu lalu, salam.

    • 31 Januari 2011 20:37

      Salam KOMSTIR OBLAK :mrgreen:

  25. Aank wijaya permalink
    31 Januari 2011 07:26

    ciiiiaaaaaghhh…,,,motornya okeee!!!
    tapi…tapi…tapi…
    kog pake acara mogok segala????
    agh..haruss disetting tu!!

  26. satriafu150 permalink
    31 Januari 2011 08:29

    Yang sabar Pak…..

  27. sekopati permalink
    31 Januari 2011 08:58

    setahu saya jika habis dijemur atau panas tinggi si vixy suka mati mendadak. tapi setelah dingin bisa hidup lagi alias normal kembali. dugaan fungsi ecunya gak tahan panas karena terjemur sehingga kelistrikan menjadi error sehingga program pengapian hilang (blank).

  28. 31 Januari 2011 09:16

    panutan nie mas cakra….. :p

    buat pak edo-nya semoga cepat sembuh vixinya…. :D

  29. 31 Januari 2011 09:40

    @satriafu150 & mario: trims bro.

    @sekopati: makasih inputnya yah. salam

  30. 31 Januari 2011 10:20

    Baik sekali Bro Cakra, salute…!!! Mbah Edo…moga cepet kelar motornya. Amin….

    • 31 Januari 2011 10:22

      TH: trims bro, hari ini rencananya rampung servis besarnya, salam.

  31. 31 Januari 2011 12:06

    Kalo di bilang kompresi kosong, tapi kenapa kok bisa nyala lagi setelah sekitar 30 menit…ane ngga yakin deh kalo hrs servis besar….IMHO

  32. caem permalink
    31 Januari 2011 12:34

    bro cakra yg vixionnya dr monster energy jadi playboy itu kan..?? mantab bro..

  33. Piet-LAnang permalink
    31 Januari 2011 13:49

    KOK sama kejadiannya pekde Edo!? tapi kasusnya agak lain pas my vixi mogok ternyata setelah di cek kabel busi udah kendor alias lepas. suah masang na cos pendek banget tu kabel. terpaksa deh lewat atas atawa tanki di angkat (mana panas di tengah kemacetan lagi)

  34. Haydar Ali permalink
    31 Januari 2011 15:34

    Sudah waktunya ganti Om Edo..:p

  35. Amamoto permalink
    31 Januari 2011 15:59

    Bukti, bahwa di Jakarta masih ada Nurani dan Hati, nggak melulu soal material

  36. whied permalink
    2 Februari 2011 15:36

    keep brotherhood alive……..sungguh mulia bung cakra

  37. taufik permalink
    15 Agustus 2011 07:53

    vixion saya mogok… abis berjemur di panas ,,, kasian deh saya ,,,, buat temen 2 kalo gandi fuel pomp vixion yg baru apa kah bisa tahan di terik mata hari . karena vixion saya model yg lama ….

  38. Iman permalink
    29 Februari 2012 20:47

    Servis besar itu,dilakukan lo dah berapa km cih??
    Tlng blz ya

  39. 7 Mei 2012 19:54

    wow, pengalaman

    http://pertamax7.wordpress.com/2011/07/23/isi-angin-honda-megapro-dengan-nitrogen/

  40. Dadang Suhendar permalink
    24 April 2013 19:47

    Atas nama sesama pemakai Vixi, salut buat bro Cakra…………………

Trackbacks

  1. Senang Deh, Vixion Sudah Sehat « Edo Rusyanto's Traffic
  2. Motor Injeksi, Mudah bagi Bengkel, Susah bagi yang punya? | RODA 2 BLOG

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.498 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: