Skip to content

Motor Sport Paling Laris di Indonesia

31 Oktober 2010

Yamaha Vixion Merah. (foto:edo)

INILAH lima sepeda motor sport yang paling laris di Indonesia sepanjang lima tahun terakhir. Selain tampilan dan teknologi, faktor harga juga mempengaruhi larisnya penjualan sepeda motor tersebut.

Yamaha Vixion yang diperkenalkan pada 2007, ternyata menduduki posisi puncak dengan total penjualan 487.001 unit. Di posisi kedua bertengger Honda Megapro (479.989), lalu Suzuki Thunder (357.174), Honda Tiger (237.219), dan posisi kelima Yamaha Scorpio Z (131.602).

Tren sepeda motor sport yang ramah lingkungan dengan asumsi lebih hemat bahan bakar minyak (BBM) menjadi salah satu pemicu Yamaha Vixion laris manis. Sepeda motor berkapasitas mesin 150cc itu, dilengkapi dengan sistem injeksi yang memungkinkan penggunaan BBM lebih terukur sesuai kebutuhan. Tak heran, jika kemudian Honda juga menelorkan Honda CBR 250 berteknologi sama pada Oktober 2010.

Honda Tiger 2010. (foto:ahm)

Yamaha Vixion yang kini dibanderol Rp 21 juta per unit oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha, pada 2010 juga masih melenggang aman. Pada 2011, kemungkinan akan sedikit terusik karena kompetitor bakal menyiapkan produk-produk gress. Selain Honda, Kawasaki dan Suzuki juga mengisyaratkan bakal menggelontorkan produk anyar pada 2011.

Di internal Yamaha, lahirnya Yamaha Byson juga diduga bakal sedikit memakan pasar Vixion. Hal itu terbukti pada tahap awal masuknya Byson ke pasar pada September 2010 yang berhasil menarik minat sekitar tiga ribuan konsumen. Saat itu, penjualan Vixion melemah menjadi sekitar 13 ribu unit, dari bulan-bulan sebelumnya yang bisa menyentuh level tertinggi 18 ribu unit per bulan.

Posisi Kedua dan Ketiga

Posisi kedua, Honda Megapro tergolong tangguh. Jumlah di atas memang belum digabungkan dengan Honda New Megapro. Dipisah karena perbedaan kapasitas mesin antara versi lama dengan versi baru.

Honda New Megapro 150cc. (foto:edo)

Honda Megapro yang dibesut PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM sepeda motor Honda, terus dibenahi oleh produsen nomor wahid di Indonesia itu. Tingginya penjualan Honda Megapro karena selama ini untuk tipe empat tak, memang Honda tak tertandingi. Sepeda motor berkapasitas mesin 160cc itu, saat ini dibanderol sekitar Rp 20 juta per unit.

Namun, sejak diperkenalkannya Honda New Megapro 150cc yang masuk pasar sejak Agustus 2010,  Megapro generasi lawas mulai tergeser. Maklum, kabarnya AHM bakal menyetop produksi versi lama dan digantikan versi anyar yang lebih segar.

Kehadiran New Megapro yang dibanderol Rp 18,3 juta (versi jari-jari/spoke) dan Rp 19,5 juta (versi cast wheel/cw), cukup bagus direspons pasar yakni sekitar 21 ribu unit dalam dua bulan.

Honda New Megapro 150cc bakal bertarung dengan Vixion dan Byson yang dibanderol Rp 19,9 juta per unit.

Suzuki Thunder (foto:istimewa)

Sementara itu, di posisi ketiga, Suzuki Thunder yang dibesut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), tampaknya harus segera berbenah sebelum benar-benar ditinggal pasar. Walau selama lima tahun terakhir mampu mengantongi penjualan sekitar 357 ribu unit, Suzuki Thunder tren penjualanya menurun. Puncak keemasan Thunder yang bermesin 125 cc itu, terjadi pada 2008 yang mampu terjual sekitar 111 ribu unit. Selebihnya, pada 2009 dan 2010, masing-masing sekitar 26 ribu dan 12 ribu unit.

Thunder yang saat ini dibanderol Rp 15,4 juta unit, tergolong sepeda motor sport dengan harga paling terjangkau. Namun, karena penampilannya tak segarang Vixion dan New Megapro, apalagi Byson, dikhawatirkan bakal terus tergusur. Tak aneh, jika kemudian manajemen SIS mengisyaratkan bakal menyiapkan produk anyar pada 2011.

Keempat dan Kelima

Honda Tiger mash menjadi raja untuk sepeda motor sport di atas 150cc. Sepeda motor yang diberi mesin 200cc itu, melenggang dengan selisih cukup signifikan dibandingkan pesaingnya, Yamaha Scorpio Z.

Honda Tiger yang saat ini dibanderol Rp 24,94 juta per unit itu, sempat mengalami pergantian tampilan sepanjang dua tahun terakhir. Mulai dari tampilan lampu utama simiteris hingga akhirnya kembali ke lampu utama tunggal bulat.

Kontribusi Honda Tiger kepada total penjualan sepeda motor sport Honda sepanjang lima tahun terakhir sekitar 30,62%, masih rendah dibandingkan Megapro yang mencapai 61,97%.

Sementara itu, di posisi kelima, Yamaha Scorpio Z termasuk sepeda motor yang tenang-tenang saja. Di kelasnya, 225cc, Scorpio Z tak ada lawan. Maklum, kompetitor hanya main di 200 cc atau di 250cc. Inikah langkah cerdik YMKI?

Pastinya, Scorpio Z sepanjang lima tahun terakhir berkontribusi sekitar 19% terhadap total penjualan sepeda motor sport Yamaha.

Kini, dengan masuknya versi anyar pada 2010, Yamaha Scorpio Z diharapkan bisa bahu membahu dengan dua produk sport YMKI yakni Vixion dan Byson. Scorpio Z yang kini dibanderol Rp 22,05 juta per unit, dinilai hanya melengkapi penetrasi Yamaha di lini sport. Secara volume, rata-rata penjualan per tahun Scorpio Z sekitar 26 ribu unit.

Bagaimana konstelasi tahun 2011? Kita lihat saja. (edo rusyanto)

About these ads
27 Komentar leave one →
  1. sofiya permalink
    31 Oktober 2010 11:33

    nunggu data setahun mana yang menang nmp vs byson

    • 31 Oktober 2010 11:39

      pasti seru nih NMP vs Byson. trims yah, salam.

  2. bagoes permalink
    31 Oktober 2010 11:57

    kalau foto motor paling laris cukup diwakili motor sendiri ya…? :mrgreen:

    • 31 Oktober 2010 12:11

      Motorku yg kuning loh, hehehe…salam.

  3. 31 Oktober 2010 12:25

    Kemaren saya maen k daerah cisarua, dsana udah bnyk Byson yg brseliweran, mulai dr yg udah ada Flat No & yg tanpa flat no.
    sempat sy ngobrol & brtanya2 tntang knapa mereka pilih mtr Byson trsebut, knapa gx pilih V-Ixion, NMP, Pulsar 135, dll.
    Banyak bbrp jawaban & prtnyaan yg menarik brbeda2.
    Mulai dr tampilan yg gahar dr Byson trsebut, hingga kepindahan/ peralihan konsumen dr Matic & Bebek ke Sport, bahkan dr konsumen sport trsbut.
    Trnyata dr Anak Muda, pegawai Villa trsebut ada bbrp orang yg lg Indent, truz Malah ada jg yg dlm 1 kluarga sedang inden 2 Unit Byson. Kt mereka, Indent untk dptkn unit Byson tu, bisa lbh dr 1,5 – 2,5 bulan.
    Kalo ngbandingin dari data penyaluran pasti dah NMP yg menang, tp kalo dr jumlah unit pemesanan/ konsumen, ky’y Byson pasti menang, scara dmana2 jg pasti sama kjadian’y.
    Semoga YMKI bisa lebih sigap untk demam/ trend Byson ni.

    thanx Pak Edo, mvf kalo trlalu kepanjangan.
    Salam..

    • 31 Oktober 2010 12:45

      Gak apa2 bro, justeru trims dah mau sharing. Salam

    • aldyz permalink
      31 Oktober 2010 14:40

      bukannya indent NMP udah 10 ribu sedangkan byson baru 5 ribu bro?
      ini data resmi dari kedua pabrikan.

      • 31 Oktober 2010 15:43

        wah indent untuk periode bulan apa tuh bro? data yg aku pakai berdasarkan pengiriman ke dealer. trims yah, salam.

  4. Kotak hitam permalink
    31 Oktober 2010 15:59

    Kelebihan nmp, adalah design utk smua umur baik yg muda maupun bpk2. Itu yg bwt nmp sukses dpasaran. Estimasi saya masa keemasan nmp pada prtengahan tahun 2012 dg tngkat penjualan diatas 21 ribu/bulan. Byson di 15 ribu/bln, vixion 13 rb, cbr150 6 rb/bln, scorpio,tiger dbwh 6 rb/bln

    • 31 Oktober 2010 16:31

      Kawasaki dan TVS kebagian brp bro?

  5. softech_niQ permalink
    31 Oktober 2010 16:06

    mancing mania,,,mataaab….hihihi.

  6. kris ysc bandung permalink
    31 Oktober 2010 19:38

    meskipun scorpio paling buncit angka penjualannya dari daftar diatas,,tapi tetep milih scorpio ah ^^ gas dipelintir sedikit, kerasa rambut dijambak dari belakang..

    • 31 Oktober 2010 21:07

      mantabsss yeuh, lanjutttt….

  7. Dani Ramadian permalink
    31 Oktober 2010 19:54

    Pak Edo…
    Punya datanya mulai luncur (di launch) sdh berapa
    populasi masing² yg ditunjuk pakEdo di atas???

    Jd total Tiger samp saat ini brp?
    Total Vixion brp?
    dst…

    Makasih pak Edo…

    *) Salam ayam dingin… :mrgreen:

    • 31 Oktober 2010 21:07

      nanti aku carikan dulu yah, hehehe…maklum harus mengais-ngais nih, salam ayam dingin bromo juga deh, hehehe…

      • Dani Ramadian permalink
        31 Oktober 2010 21:13

        Thnks b4… :)

  8. Tomc permalink
    31 Oktober 2010 22:03

    mantab…..tapi tetep yg diuntungkan pabrikan, ane mah ga dapet untung…….hehehe

  9. 31 Oktober 2010 22:26

    lah cucunya mbah edo ikut di foto juga itu

    • 1 November 2010 18:06

      Yang deket New Scorpio ya bro… :mrgreen:

  10. irvie_cix permalink
    1 November 2010 11:34

    Makin seru ya persaingan antar ATPM.. Tp buat sy sih Honda ga ad tandingannya.. :D

  11. prast permalink
    1 November 2010 12:28

    om edo itu kan data untuk anggota AISI aja, selain anggota AISI ada gak oom penjualan untuk BAJAJ dan Minerva,,,thnx yaa oom..

  12. achie Vixbec permalink
    1 November 2010 14:03

    vixion numero uno

  13. 1 November 2010 18:05

    Vixion Masih the Giant Killer ya mbah, mantaph dah… :D

  14. 3 November 2010 21:12

    kapan nie ng adain turing?
    jangan gaya aja tuh?

  15. 30 Oktober 2012 09:56

    BAJAJ pulsar pling kren

Trackbacks

  1. lintas-oto.info
  2. lintas-oto.info

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.518 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: